STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN

JL. Taman Praja No.25 Madiun

"Profesionalisme Urat Nadiku, Indonesia Sehat Janji Baktiku"

KULIAH TAMU “PHARMAVENT SERIES” PRODI D3 DAN S1 FARMASI SESI 1 DAN SESI 2 TAHUN 2021

Kamis, 25 Februari 2021 ~ Oleh Update brita ~ Dilihat 110 Kali

KULIAH TAMU “PHARMAVENT SERIES” PRODI D3 DAN S1 FARMASI

Dunia farmasi yang di dalamnya mempelajari tentang obat-obatan, tentu tidak lepas dari masalah kesehatan. Peran farmasis dari tahun ketahun dituntut untuk semakin lebih profesional dan mampu mengikuti perkembangan jaman. Farmasis harus mampu menciptakan iklim pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. Seorang apoteker tidak hanya memiliki kecakapan dalam bidang obat-obatan, akan tetapi harus memiliki kemampuan yang lain seperti pelayanan, manajemen, memiliki rasa sosial yang tinggi, berorientasi pada pasien, dan mampu memberikan informasi tentang bidangnya kepada masyarakat. Pemerintah melalui BPOM menerapkan suatu aturan yang harus dipenuhi oleh produsen obat agar memenuhi syarat-syarat dan prosedur tertentu agar obat yang diproduksi dapat beredar dipasaran dan aman untuk dikonsumsi konsumen. 

Pada kenyataannya, yang diharapkan dari konsep pharmaceutical care atau pelayanan kefarmasian itu sebenarnya usaha untuk mencoba menunjukan bahwa profesi ini mempunyai misi khusus dalam memberikan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat. Misi ini berkaitan dengan membawa masyarakat untuk menjadi lebih peduli, dan mengetahui (literate) tentang kefarmasian untuk, minimal dirinya sendiri. Bila ditelusuri maka kepedulian farmasi itu sebenarnya mengajak seluruh Apoteker kembali kehakekat tugas-kewenangan dan tanggungjawab farmasis (back to the nature of the roles and function of tha pharmacists).

Pada kuliah tamu kali ini kita mengadakan 4 Series.

Series pertama dengan tema “Pengelolaan Obat di Industri Farmasi” dengan narasumber Bapak Dini Tauriadi, S.Si ., Apt dan Moderator Ibu Vevi Maritha, M.Farm., Apt serta selaku kepala program studi Sarjana Farmasi STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

  Lalu pada Series kedua Kuliah Tamu kali ini mengusung tema  “Pengelolaan Bahan Alam sebagai Obat Tradisional”  dengan Narasumber Ibu Awal P. Kusumadewi, M.Sc., Apt dan Moderator Ibu Yetti Hariningsih, M.Farm., Apt

  1. TULISAN TERKAIT