STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN

JL. Taman Praja No.25 Madiun

"Profesionalisme Urat Nadiku, Indonesia Sehat Janji Baktiku"

KUNJUNGAN INDUSTRI PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT STIKES BHM MADIUN PT. Ajinomoto Indonesia dan PT. Yakult Indonesia Persada

Rabu, 14 Agustus 2024 ~ Oleh Update brita ~ Dilihat 171 Kali

KUNJUNGAN INDUSTRI PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT STIKES BHM MADIUN PT. Ajinomoto Indonesia dan PT. Yakult Indonesia Persada

 Kunjungan industri adalah kegiatan yang diadakan oleh lembaga pendidikan, seperti sekolah atau perguruan tinggi, di mana siswa atau mahasiswa diajak untuk mengunjungi perusahaan atau industri tertentu. Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk memberikan pemahaman praktis tentang bagaimana teori yang dipelajari di kelas diaplikasikan dalam dunia kerja.. Mahasiswa dapat melihat langsung proses produksi, manajemen, dan pengoperasian perusahaan. Ini membantu mereka memahami bagaimana teori yang dipelajari di kelas diterapkan dalam situasi nyata. Serta mahasiswa mendapatkan gambaran tentang lingkungan kerja, termasuk budaya kerja, etika profesional, dan tantangan yang dihadapi dalam industri tertentu. Kunjungan industri memberikan kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi dengan para profesional di bidang tersebut, yang bisa berguna untuk karier mereka di masa depan.

Pada kesempatan kali ini Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat semester 2 berkesempatan untuk mengunjungi PT. Ajinomoto Indonesia dan PT. Yakult Indonesia Persada yang di selenggarakan pada hari Rabu 24 Juli 2024. Peserta berangkat dari Kampus STIKES BHM Madiun pada pukul 05.00 dengan menggunakan 2 Bus dan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sejumlah 63, diantaranya 32 mahasiswa kelas A, 31 mahasiswa kelas B dan 6 pendamping.

Lokasi pertama yang kami kunjungi adalah PT. Ajinomoto Indonesia, kami tiba pada pukul 08.00 WIB. Disana kami di sambut hangat oleh Tim dari PT. Ajinomoto Indonesia dan diarahkan ke aula ruang pertemua. Kegiatan pertama yang kami laukan adalah Materi mengenai asal usul Pabrik Ajinomoto, macam produk yang di produksi,  serta mitos dan fakta dari micin bagi kesehatan. Setelah itu kami berkeliling pabrik menggunakan 2 mini Bus khusus milik Pabrik untuk mengunjungi tempat-tempat produksi, dalam satu mini bus dapat mengangkut 30-33 orang. Pada kegiatan ini, kami diarahkan untuk melihat langsung proses pengemasan produk Masako dan dijelaskan secara detail dari mulai bahan mentah hingga menjadi sebuah produk. Selain itu kami berkesempatan untuk mencicipi produk baru dari PT. Ajinomoto, serta olahan makanan dari berbagai bumbu dengan rasa yang berbeda.

Kunjungan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana mahasiswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri dan mendapatkan apresiasi dari PT. Ajinomoto Indonesia.

 Setelah selesai dari PT. Ajinomoto Indonesia,pada pukul 13.00 kami melanjutkan kunjungan belajar di PT. Yakult Indonesia Persada. Pada kunjungan di PT. Yakult Indonesia Persada kami seluruh peserta diwajibkan membawa 2 botol yakult bekas untuk di kumpulkan. Dan pada saat memasuki ruang pertemuan kami di berikan yakult untuk diminum. Kegiatan pertama yang kami lakukan di PT. Yakult Indonesia Persada adalah materi terkait asal usul dari PT. Yakult Indonesia Persada dan sejarahnya, serta kandungan yang ada dalam yakult. Kemudian kami diarahkan untuk mengelilingi pabrik dan melihat langsung bagaimana proses produksi yakult mulai dari pengolahan hingga pengemasan. Hingga pada akhirnya kami di arahkan ke ruang yang khusus untuk mengabadikan dokumentasi.

 Dengan adanya kunjungan industry ini kami berharap mahasiswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana teori yang dipelajari di kelas diterapkan dalam industri. Mereka dapat melihat proses kerja, teknologi yang digunakan, dan bagaimana perusahaan mengelola operasinya. Peserta diharapkan mendapatkan gambaran tentang budaya kerja, etika, dan tantangan yang dihadapi dalam dunia profesional. Ini bisa membantu mereka mempersiapkan diri lebih baik untuk masuk ke dunia kerja. Serta dapat memperluas pengetahuan peserta tentang industri tertentu serta memberikan wawasan baru yang dapat meningkatkan keterampilan mereka.

  1. TULISAN TERKAIT
...

Zaenal Abidin, SKM., M.Kes (epid)

Assalaamu’alaikum Wr. Wb        Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh pengunjung website Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun…

Selengkapnya

503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.