STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN

JL. Taman Praja No.25 Madiun

"Profesionalisme Urat Nadiku, Indonesia Sehat Janji Baktiku"

Hospital Tour dan Field Trip Prodi D-3 Perekam Medis dan Informasi Kesehatan STikes BHM

Jum'at, 07 Februari 2020 ~ Oleh Update brita ~ Dilihat 597 Kali

Program Studi D-III Perekam dan Informasi Kesehatan setiap tahunnya melakukan kegiatan Field Trip dibeberapa rumah sakit besar di Indonesia.  Pada Tahun ini, tgl 15 januari 2020 Program Studi D-III Perekam dan Informasi Kesehatan  melakukan Field Trip di RS Moewardi, dimana di rumah sakit Moewardi Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung tugas dari perekam medis dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggali pengetahuan yang lebih dalam mengenai bagian-bagian yang ada di rumah sakit yang berhubungan dengan rekam medis. Kegiatan tersebut, merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester pertama prodi rekam medis stikes Bhakti Husada Mulia madiun sebagai persiapan untuk semester selanjutnya,menghadapi praktik di rumah sakit.

Agenda kegiatan Hospital Tour yang dilaksanakan oleh D-3 Prodi rekam medis Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun dengan jumlah peserta  sebanyak 48 mahasiswa, Waka Akademik, SPMI, Kaprodi dan Dosen-dosen prodi D-3 Perekm Medis dan Informasi Kesehatan.

Mewakili Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun yaitu Bapak Edy Bachrun selaku perwakilan Yayasan BHM mengucapkan terima kasih banyak atas ijin dan kerjasama dalam kegiatan Hospital Tour mahasiswa Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun di RSUP dr. Moewardi Surakarta.
Dalam sambutannya  Ka diklit RSUP dr. Moewardi Surakarta menyampaikan bahwa RSUP Moewardi telah menerapkan aplikasi penunjang untuk pelayanan rumah sakit diantaranya Aplikasi berbasis web dan android. Salah satunya adalah aplikasi dimana Pasien yang akan melakukan layanan kesehatan dapat mendaftar secara online dari rumah dan dapat memilih jenis layanan yang dibuthkan serta dapat memilih dokter sesuai dengan kompetensinya.

Dengan adanya  layanan-layanan berbasis aplikasi menunjang pelaksanaan dan mempermudah petugas dalam melaksanakan tupoksinya, seperti mengurangi beban antrian yang ada pada bagian pendaftaran atau loket yang penuh dengan antrian.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini pengetahuandan wawasan mahasiswa akan lebih meningkat  terutama pengetahuan tentang informasis  pelayanan khususnya dibidang rekam medis.

Hospital tour ini dipandu oleh tim dari RSUP dr. Moewardi dibagi menjadi beberapa bagian untuk melihat kondisi, sarana prasarana dan kelengkapan khususnya dalam bidang rekam medis yaitu :

  • Pelayanan pendaftaran pasien berbasis web
  • Filling
  • Asembling
  • Alur dan system berkas rekam medis
  • Antrian berbasis scan QR code

 

 

  1. TULISAN TERKAIT