STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN

JL. Taman Praja No.25 Madiun

"Profesionalisme Urat Nadiku, Indonesia Sehat Janji Baktiku"

PROSESI ANGKAT SUMPAH PROFESI LULUSAN STIKES BHM

Kamis, 15 Oktober 2020 ~ Oleh Update brita ~ Dilihat 123 Kali

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia (STIKes BHM) Madiun tanggal 5-7 Oktober 2020 melaksanakan “Prosesi Angkat Sumpah Profesi Tenaga Kesehatan” bagi lulusan dari program studi kesehatan masyarakat Farmasi, Rekam Medis, Bidan dan Profesi Ners sebanyak 188 orang.

Sumpah profesi ini dilakukan di depan Ketua Pengurus Daerah masing profesi seperti PD IBI Jatim, PAFI, IAKMI, PORMIKI, dan PPNI.

Pelantikan dan angkat sumpah ini menjadi syarat wajib bagi nakes mendapatkan surat tanda registrasi (STR). Nantinya STR akan diterbitkan bila nakes sudah melaksanakan angkat sumpah dan lulus uji kompetensi. STR merupakan bukti bahwa nakes siap mengabdi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh kemanusiaan. Lulusan tenaga kesehatan dituntut bekerja dengan mengedepankan sikap humanisme, sepenuh hati, dan berpegang teguh pada etika profesi.

‘’Sebagai seorang nakes, mereka harus mengabdi secara maksimal,’’ kata Ketua STIKes BHM Madiun Zaenal Abidin selepas sumpah profesi di lantai IV Gedung STIKes BHM Ketua IBI Jatim Lestari menambahkan, sumpah dan janji nakes harus selalu dijunjung tinggi. Pasalnya, etika seorang nakes adalah hal terpenting saat berhubungan dengan pasien. ”Selalu berpegang teguh pada etika profesi. Nakes adalah ujung tombak pelayanan kesehatan pada masyarakat. Ke depan banyak tantangan yang harus dihadapi,” ujarnya. (https://radarmadiun.co.id/188-lulusan-stikes-bhm-jalani-sumpah-profesi).

Dalam kegiatan ini, pihak panitia menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat yaitu Peserta sumpah profesi wajib memakai masker dan face shield, mengecek suhu tubuh, menjaga jarak aman, serta mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki ruangan, tidak menciptakan kerumunan dan pelaksanaannya juga dibatasi maksimal hanya berlangsung selama tiga jam.

 

  1. TULISAN TERKAIT