STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN

JL. Taman Praja No.25 Madiun

"Profesionalisme Urat Nadiku, Indonesia Sehat Janji Baktiku"

LIVE IN ISMKMI JAWA TIMUR TAHUN 2020

Jum'at, 14 Februari 2020 ~ Oleh Update brita ~ Dilihat 355 Kali

LIVE IN ISMKMI JAWA TIMUR TAHUN 2020

 

Himpunan Mahasiswa Public Health (Himpha) Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun dibawah koordinasi bagian kemahasiswaan mengirimkan delegasinya untuk mengikuti kegiatan LIVE IN ISMKMI JAWA TIMUR 2020. Kegiatan Live In ini merupakan kegiatan gabungan  seluruh Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) yang pelaksanaannya selama 2 hari yaitu pada tanggal 26-27 Januari 2020 di kabupaten Jember.

Live In adalah serangkaian kegiatan sosial yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu dengan mengabdikan diri untuk masyarakat disuatu desa atau daerah pelosok. Kegiatan Live In tahun 2020 ini merupakan Live In yang pertama kali dilaksanakan di Jawa Timur. Para peserta Live In akan tinggal langsung dirumah warga tersebut agar dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat yang berbeda status sosial, ekonomi dan budayanya, serta meningkatkan kapasitas diri kita pada skill tertentu sesuai dengan latar belakang masyarakat.

Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember Jawa Timur yang berada di kaki gunung Argopuro adalah tempat pelaksanaan Live In IKSMI 2020. Desa Panduman mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani karena sebagian besar desa merupakan  sawah, ladang atau perkebunan warga..

Selama 2 hari di Desa Panduman tersebut peserta melakukan kegiatan seperti cek kesehatan, bhakti sosial, penyuluhan dan kerja bhakti bersama warga sekitar. Kegiatan awal yang dilakukan peserta Live in adalah melakukan  penyuluhan kepada masyarakat tentang Stunting pada anak. Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Metode yang digunakan yaitu metode door to door dan menggunakan media leaflet sebagai media penunjang dalam melakukan kegiatan tersebut. Pada hari kedua dilakukan kegiatan senam bersama sebagian warga desa dan ibu-ibu PKK.

Materi kegiatan Gerakan Masyarakat atau Germas di sampaikan oleh para volunteer kepada warga desa yang secara antusias ditanggapi oleh peserta kemudian warga melakukan cek kesehatan seperti TB, BB, cek tensi juga cek gula dan kolesterol kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Bhakti Sosial.

            Kegiatan mahasiswa bersama “Live In” ini diharapkan menjadi agenda rutin yang bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa sebagai volunteer untuk prioritas menangani masalah kesehatannya. Selain itu, warga dapat memperoleh manfaat baik berupa informasi, bhakti sosial masyarakat dan pemeriksaan kesehatan khususnya bagi warga Desa Panduman.

  1. TULISAN TERKAIT